top of page

FAQ KAF Sekuritas Indonesia

Diperbarui: 11 Okt 2023

A. Umum


1. Saya belum pernah mendengar tentang KAF Sekuritas. Apa itu KAF?

PT KAF Sekuritas Indonesia adalah perusahaan efek yang berbasis di Jakarta dan merupakan anggota Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode broker DU. Sebelum diakuisisi oleh KAF Group pada 27 Maret 2019, KAF Sekuritas dikenal sebagai PT Varia Inti Sekuritas.


KAF Group sendiri adalah grup layanan keuangan asal Malaysia yang berfokus pada kegiatan Pasar Uang, Perbankan Investasi, Pialang Saham, Perbankan Islam, Penelitian, Manajemen Dana Investasi, serta Layanan Penasihat Dana dan Wali Amanat. Reputasi KAF Group dibuktikan dengan praktik manajemen risiko dan kontrol internal yang bijaksana. Hal ini menjadikan KAF mitra yang ideal untuk berbagai kebutuhan produk dan layanan keuangan.


2. Apakah uang saya aman jika diinvestasikan melalui KAF Sekuritas?

KAF Sekuritas adalah perusahaan yang berizin, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dana investasi setiap nasabah ditransaksikan sesuai mekanisme perdagangan yang diatur oleh Bursa Efek Indonesia (BEI)


3. Apakah KAF Sekuritas terdaftar dan berlisensi?

KAF Sekuritas Indonesia memiliki izin usaha Perantara Pedagang Efek (PPE) dengan nomor KEP-194/PM/1992 serta izin usaha Anggota Bursa (AB) dengan nomor SPAB- 97/JATS/BEJ.I.1/V/1995.


4. Apakah tersedia pelatihan edukasi saham?

KAF Sekuritas memiliki program edukasi eksklusif dengan nama Ulasan Pasar (ULPAS) yang dilaksanakan setiap Jumat melalui Zoom Meeting bersama para praktisi perdagangan saham. Program ini berisi pemaparan kondisi pasar terkini serta diskusi saham-saham pilihan.


5. Di mana lokasi kantor KAF Sekuritas?

Kantor pusat KAF Sekuritas berlokasi di Treasury Tower Lantai 28 Unit D, District 8 Kawasan SCBD Lot 28, Jl. Jend. Sudirman Kav 52–54, Jakarta Selatan 12190. Untuk detail lebih lanjut, silakan cek bagian Contact Us.


6. Bagaimana jam operasional KAF Sekuritas?

Jam operasional KAF Sekuritas adalah Senin–Jumat pukul 08.30–17.30 WIB. KAF Sekuritas tidak beroperasi pada Sabtu, Minggu, serta hari libur nasional dan cuti bersama.


7. Apa saja pelayanan yang ditawarkan?

KAF Sekuritas menawarkan pelayanan investasi saham secara offline maupun online. Nasabah dapat melakukan penawaran jual atau permintaan beli melalui telepon (offline) atau menggunakan online trading system KAF ETRADE di laman kaf.bofis.id atau aplikasi mobile Neo BOFIS.



B. Pembukaan Akun


1. Apa saja tipe nasabah yang terdapat di KAF Sekuritas?

AF Sekuritas melayani nasabah individu maupun institusi. Calon nasabah individu dapat melakukan pembukaan rekening efek secara online dan offline, sedangkan institusi hanya dapat melakukannya secara offline.


2. Apa saja syarat dan ketentuan pembukaan akun secara online serta bagaimana tahapnya?
  • Kunjungi halaman pembukaan akun di opening-kaf.bofis.id, kemudian klik “Daftar Akun Baru” atau “Create an Account”.

  • Siapkan foto KTP, NPWP (jika ada), dan buku rekening atau aplikasi m-Banking.

  • Isi data dan unggah dokumen yang dibutuhkan serta centang persetujuan pada bagian perjanjian pembukaan rekening.

  • Pembukaan rekening akan diproses sekitar 1–2 hari kerja.

  • Tutorial lebih lengkap dapat lihat: youtu.be/33OMzPCd2qQ


3. Bagaimana jika saya tidak memiliki NPWP?

Calon nasabah diperkenankan untuk tidak menyertakan NPWP jika memang belum memenuhi syarat wajib pajak. Silakan minta format Surat Keterangan Tidak Memiliki NPWP ke Customer Service KAF Sekuritas melalui WhatsApp (+628118853175), isi dan tanda tangan basah dengan meterai, kemudian unggah ke bagian Pernyataan (Agreement) pada halaman pendaftaran.


Dokumen fisik (hard copy) dari Surat Keterangan Tidak Memiliki NPWP juga harus dikirim ke alamat kantor PT KAF Sekuritas Indonesia.


4. Apa saja syarat dan ketentuan pembukaan akun secara offline serta bagaimana tahapnya?
  • Mengisi formulir Pembukaan Rekening Efek Nasabah dan Rekening Dana Nasabah (RDN) yang dapat diunduh di website kami.

  • Membaca syarat dan ketentuan dalam Perjanjian Pembukaan Rekening Efek Nasabah dan Rekening Dana Nasabah (RDN), kemudian memberikan paraf dan tanda tangan bermeterai Rp10.000 pada setiap halaman yang diperlukan.

  • Menyertakan salinan dokumen yang dibutuhkan:

    • Fotokopi KTP Calon Nasabah Perorangan dan/atau Beneficial Owner.

    • Fotokopi KTP Pasangan atau Orang Tua (bagi calon nasabah yang berstatus Ibu Rumah Tangga atau Pelajar).

    • Fotokopi NPWP.

    • Fotokopi Kartu Keluarga (bagi calon nasabah yang berstatus Ibu Rumah Tangga atau Pelajar).

    • Fotokopi halaman pertama Buku Rekening Bank atau screenshot aplikasi m-Banking yang memuat informasi nomor rekening dan nama nasabah.

  • Dalam mengisi formulir Rekening Dana Nasabah (RDN), terdapat beberapa poin yg perlu diperhatikan:

    • Semua dokumen diisi lengkap dengan huruf kapital.

    • Alamat e-mail dan nomor telepon wajib diisi.

    • Kolom “Jenis Rekening” harap centang “Tabungan Bisnis”

    • Kolom “Maksud dan Tujuan yang Berhubungan dengan Bank” harap centang “Menabung”.


5. Berapa lama proses pembukaan rekening efek?

Pembukaan rekening efek akan diproses selama 1–2 hari kerja jika data sudah lengkap dan sesuai verifikasi Bank RDN.


6. Apa saja pilihan Bank RDN yang tersedia?

Bank RDN yang tersedia untuk pembukaan rekening efek secara online:

  • BCA (hanya bisa untuk rekening pribadi BCA)

  • Permata (bisa untuk rekening pribadi dari bank mana pun).

Bank RDN yang tersedia untuk pembukaan rekening efek secara offline:

  • CIMB Niaga (individu)

  • Mandiri (individu dan institusi)

  • BCA (individu dan institusi).

  • Ketiganya bisa untuk rekening pribadi dari bank mana pun.


7. Berapa setoran awal minimum yang nasabah perlu masukkan?

Tidak ada setoran awal minimum saat proses pembukaan rekening efek. Namun, nasabah perlu segera mengisi saldo RDN (top up atau deposit dana) minimal Rp100.000 untuk aktivasi rekening efek.



C. Transaksi


1. Berapa biaya (fee) transaksi jual beli saham di KAF Sekuritas?
  • Fee beli: 0,15% dari total transaksi.

  • Fee jual: 0,25% dari total transaksi.

2. Kapan jam perdagangan BEI?

Pra-pembukaan: 08.45.00–08.59.59 (Senin–Jumat)

Sesi I: 09.00.00–12.00.00 (Senin–Kamis), 09.00.00–11.30.00 (Jumat)

Sesi II: 13.30.00–15.49.59 (Senin–Kamis), 14.00.00–15.49.59 (Jumat)

Pra-penutupan: 15.50.00–16.00.59 (Senin–Jumat)

Random Closing: 15.58.00–16.00.00 (Senin–Jumat)

Pasca-penutupan: 16.01.00–16.15.00 (Senin–Jumat)



3. Ketika pasar tutup, bisakah nasabah menempatkan order untuk keesokan harinya?

Apabila ingin memasukkan order di luar jam perdagangan, nasabah dapat memilih opsi GTC (Good till Cancel) atau GTD (Good till Date) pada kolom Expiry di Order Form. Order yang diatur sebagai GTC tidak akan kedaluwarsa selama nasabah tidak membatalkan order tersebut, sedangkan GTD berarti order berlaku hingga tanggal yang ditentukan oleh nasabah.


4. Bagaimana cara melakukan pengisian dana (top up) pada RDN?

Top up dapat dilakukan dengan transfer dana dari rekening yang terdaftar pada saat proses pembukaan akun ke nomor RDN yang sebelumnya telah diinformasikan melalui e-mail aktivasi. Nomor RDN juga bisa ditemukan pada menu Withdraw Cash.


5. Bagaimana cara melakukan penarikan dana?

Penarikan dana dapat dilakukan melalui fitur Withdraw Cash dengan mengisi nominal yang tidak melebihi sisa dana. Penarikan sebelum pukul 11.00 WIB (hari kerja) akan selesai di hari yang sama, sedangkan penarikan setelah pukul 11.00 akan diproses pada hari kerja berikutnya.



D. Informasi Akun KAF ETRADE


1. Mengapa akun saya ditangguhkan (suspended)?

Ada dua faktor yang menyebabkan akun nasabah ditangguhkan (account status suspended):

  1. Belum melakukan deposit awal bagi nasabah baru yang telah berhasil membuka rekening efek. Silakan top up RDN terlebih dahulu untuk memulihkan akun (open suspend).

  2. Belum menyelesaikan jatuh tempo (T+3 dan seterusnya). Silakan lunasi kewajiban jatuh tempo beserta sanksi penalti untuk memulihkan akun.


2. Bagaimana cara melihat jatuh tempo saya?

Informasi jatuh tempo bisa dilihat pada menu Portfolio di situs web (kaf.bofis.id). Sementara di aplikasi mobile (Neo BOFIS), informasi jatuh tempo bisa dilihat pada menu Portfolio, kemudian klik Settlement. Periode jatuh tempo akan terlihat sejak T+0 sampai dengan T+2.


3. Mengapa saya tidak bisa login ke sistem KAF ETRADE?

Periksa kembali User ID dan Password yang Anda masukkan. Jika masih tidak bisa, silakan gunakan fitur Forgot Password untuk mereset kata sandi. Nasabah juga dapat menghubungi Customer Service KAF Sekuritas ketika kendala terus terjadi secara berulang.


4. Bagaimana jika saya lupa User ID saya?

Klik tombol Forgot Password pada halaman login KAF ETRADE (via situs web ataupun aplikasi mobile), lalu isi kolom User ID dan E-mail yang terdaftar. Nasabah akan menerima e-mail berisi tautan untuk menuju ke halaman Reset Password, kemudian silakan isi kata sandi baru.


5. Bagaimana cara mengubah password atau PIN transaksi?

Menu ubah password atau PIN tersedia di sebelah kanan atas pada tampilan situs web (kaf.bofis.id) atau di sebelah kiri atas pada tampilan aplikasi mobile (Neo BOFIS). Silakan pilih “Change Password” atau “Change PIN”, kemudian masukkan password atau PIN lama beserta password atau PIN baru.



E. Fitur Online Trading System


1. Apakah sudah tersedia fitur Smart Order?

KAF ETRADE telah menyediakan fitur Smart Order yang memungkinkan investor untuk melakukan transaksi atau pemesanan yang telah ditentukan batasnya. Ada 4 tindakan yang bisa diambil: Smart Buy, Smart Sell, Smart Portfolio, dan One Cancel Other.

  1. Smart Buy: Fitur ini akan membeli saham secara otomatis sesuai harga yang ditentukan. Saham yang dibeli dapat otomatis dijual kembali dengan Stop Loss atau Take Profit.

  2. Smart Sell: Fitur ini akan menjual saham secara otomatis sesuai harga yang ditentukan. Saham yang dijual dapat otomatis dibeli kembali dengan Buy Back.

  3. Smart Portfolio: Fitur ini melakukan order jual apabila Market Value dari portofolio mencapai angka tertentu relatif terhadap Average Price perolehannya. Kriteria batas harga terhadap average price itu bisa di atas (Take Profit) ataupun di bawah (Stop Loss).

  4. One Cancel Other: Fitur ini menggabungkan algoritma Smart Buy dan Smart Sell yang apabila salah satu terpicu dan mengirimkan order, maka satu lainnya akan nonaktif.


2. Bagaimana cara menggunakan real-time chart?

Investor dapat menuju menu Chart dan memilih Intraday Chart, Advanced Intraday Chart, atau Advanced Historical Chart. Pada Intraday Chart, investor bisa menggunakan mode Real-time (memprioritaskan data terbaru) maupun Entire Day (menampilkan semua data perdagangan). Sementara pada Advanced Intraday Chart dan Advanced Historical Chart, investor bisa menggunakan indikator teknikal VWAP serta membandingkan pergerakan harga antarsaham.


3. Bagaimana cara melakukan jual beli saham?

Nasabah dapat melakukan jual beli saham melalui menu Order Form. Ada pilihan Buy Order, Sell Order, Amend Order, serta Withdraw Order sesuai kebutuhan. Nasabah kemudian mengisi informasi order seperti nama saham, harga, jumlah pembelian berdasarkan lot atau rupiah, hingga waktu kedaluwarsa (expiry).


4. Apakah saya bisa mendapat panduan lengkap penggunaan KAF ETRADE?

Setelah nasabah berhasil terdaftar, Customer Service KAF Sekuritas akan mengirim dokumen panduan pengguna melalui WhatsApp. Jika dokumen hilang atau terhapus, nasabah bisa meminta kembali dokumen tersebut kepada Customer Service KAF Sekuritas.


7. Apakah fitur atau algoritma KAF ETRADE bagus secara teknis?

Fitur-fitur dan algoritma KAF ETRADE sangat mumpuni dalam melindungi investor dari kerugian teknis saat melakukan transaksi. KAF Sekuritas pun senantiasa melakukan pemeliharan dan pengembangan online trading system demi meningkatkan kepuasan nasabah.


8. Apakah sistem KAF ETRADE merupakan yang terbaik?

KAF ETRADE tentu masih memiliki banyak ruang untuk pertumbuhan. Oleh karena itu, KAF Sekuritas selalu berkomitmen dalam upaya menghadirkan online trading system terbaik bagi nasabah.



F. E-IPO dan Waran


1. Bagaimana cara memesan E-IPO (Electronic Indonesia Public Offering)?
  1. Akses menu E-IPO melalui KAF ETRADE atau langsung pergi ke laman pendaftaran e-ipo.co.id/id/register.

  2. Isi formulir sesuai data diri nasabah yang terdaftar saat proses pembukaan akun di KAF Sekuritas.

  3. Aktivasi akun E-IPO dengan klik tautan yang dikirim melalui e-mail dan verifikasi nomor telepon.

  4. Setelah berhasil login ke profil E-IPO, silakan tambah data Perantara Pedagang Efek di kolom yang tersedia. Pilih “DU – KAF SEKURITAS INDONESIA” sebagai partisipan dan isi nomor SID nasabah yang telah didapat saat proses pembukaan akun.

  5. KAF Sekuritas akan mengautentikasi permintaan nasabah dalam waktu maksimal 1 hari kerja. Jika sudah terautentikasi, nasabah bisa langsung melakukan order E-IPO dengan memilih penawaran yang tersedia pada halaman e-ipo.co.id/id/ipo.

  6. Saat mengisi formulir pemesanan, pastikan saldo RDN mencukupi total IPO yang hendak dibeli.

  7. Nasabah kemudian dapat melihat status pesanan dan penjatahan pada menu Order selama atau setelah masa penawaran berlangsung.


2. Apakah bisa membatalkan pemesanan E-IPO dan bagaimana caranya?

Pembatalan maupun perubahan jumlah pesanan hanya dapat dilakukan oleh Partisipan Sistem (dalam hal ini adalah KAF Sekuritas). Silakan hubungi Customer Service KAF Sekuritas untuk membatalkan atau mengubah pesanan IPO.


3. Bagaimana cara mengonversi Waran menjadi Saham Induk?

Konversi atau Penebusan Waran dapat nasabah lakukan dengan meminta Formulir Penebusan kepada Customer Service KAF Sekuritas. Silakan kirim formulir yang telah dilengkapi dalam bentuk soft copy ke alamat e-mail cs@kafsekuritas.co.id atau dalam bentuk hard copy ke kantor pusat KAF Sekuritas.


Sebelum melakukan penebusan, pastikan dana nasabah sudah tersedia di RDN dan dokumen sudah diserahkan sebelum pukul 14.00 WIB.




Arsip FAQ



13 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page