top of page

Metode Menabung Unik dari Berbagai Negara, Yuk Coba Terapkan!

Menabung adalah kunci utama mencapai stabilitas finansial di masa depan. Namun, tak sedikit orang merasa kesulitan untuk menabung karena faktor-faktor tertentu. Berbagai metode menabung pun kian berkembang dan memudahkan seseorang dalam menghemat uang mereka.


Berikut tiga metode menabung unik dari berbagai negara yang bisa Sobat KAF terapkan untuk membentuk kebiasaan menabung.


Metode menabung celengan

1. Envelope System


Menabung dalam amplop mulanya banyak diterapkan di AS dan Kanada. Langkah pertama dimulai dengan membuat beberapa kategori anggaran seperti belanja harian, perawatan tubuh, kelengkapan rumah tangga, gaya hidup, hingga tabungan dan investasi.


Masing-masing kategori tersebut memiliki amplopnya tersendiri (atau wadah sejenis) yang kemudian diisi oleh sejumlah uang tunai sesuai kebutuhan. Metode seperti ini mempermudah seseorang yang sulit menabung asal komitmen menggunakan uang berdasarkan kategorinya.


Envelope system kini kerap diadopsi oleh sejumlah aplikasi keuangan digital sehingga proses pembuatan anggaran keuangan menjadi lebih efisien.


2. Hui


Hui dahulu dilakukan oleh komunitas imigran Tiongkok yang ingin memulai bisnis. Anggota kelompok bertemu dan mengumpulkan sejumlah uang yang bernilai sama setiap bulannya, lalu diundi siapa yang mendapat total uang tersebut pada bulan itu. Undian akan berlangsung hingga semua anggota memperoleh giliran mereka.


Di Indonesia, hui dikenal sebagai arisan. Beberapa negara lain juga menerapkannya dengan nama lokal berbeda. Perlu diingat bahwa hui atau arisan sebaiknya dilakukan bersama komunitas atau kelompok orang yang terpercaya. Banyak penipuan berkedok arisan online yang tersebar di dunia maya.


3. Kakeibo


Kakeibo secara harfiah memiliki arti “catatan keuangan rumah tangga”. Prinsipnya adalah menghargai uang, mencatat seluruh arus kas, menghindari utang, serta berhemat.


Empat pos anggaran dalam metode menabung asal Jepang ini mencakup esensial, opsional, hiburan, dan ekstra. Dana tabungan dan investasi bisa dimasukkan ke pos esensial untuk mendorong prioritas keuangan jangka panjang. Langkah tersebut juga menjadikan tabungan dan investasi sebagai hal yang sama penting dengan kebutuhan primer lainnya.


Secara spesifik, terdapat beberapa tip kakeibo yang bisa menjadi catatan:


  1. Tetapkan jumlah uang yang akan ditabung tiap awal bulan.

  2. Tunggu 24 jam untuk berpikir ketika hendak membeli barang yang non-esensial.

  3. Transaksi pakai uang tunai agar lebih sadar dengan nominal yang dikeluarkan.

  4. Lakukan refleksi dan evaluasi akhir bulan.


Bagaimana pun metode menabung Sobat KAF, pastikan ada alokasi untuk investasi!


Investasi dapat membantu kita dalam berbagai hal, mulai dari mengatasi inflasi hingga mencapai kebebasan finansial. Yuk, optimalkan nilai tabungan dengan investasi saham bersama KAF Sekuritas.


Platform online trading KAF ETRADE (powered by Neo BOFIS) siap mendukung peluang #InvestasiSehat setiap nasabah. Transaksi saham jadi lebih mudah dengan segudang fitur profesional untuk pengambilan keputusan investasi yang tepat.


Unduh aplikasi Neo BOFIS di Play Store dan App Store atau hubungi customer service kami untuk informasi lebih lanjut: +62 811-8853-175.


 

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi, bukan rekomendasi membeli atau menjual saham tertentu. PT KAF Sekuritas Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).



8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commenti


bottom of page